Pengurus BPR menjadi tersangka kasus korupsi

Question :

Salah satu unit operasional BANK akan menyalurkan fasilitas kredit kepada BPR dan rencananya PK akan ditandatangani oleh oleh 2 Direktur dan 2 Komisaris dari BPR tersebut. Belakangan diketahui bahwa salah satu Komisaris dimaksud menjadi tersangka dalam suatu kasus korupsi dan saat ini sedang dalam proses pemeriksaan oleh penyidik. Bagaimana dengan rencana penyaluran kredit dari BANK ?

Answer :

Pada prinsipnya hak keperdataan seseorang tidak hilang dengan serta merta karena suatu proses pemeriksaan pidana (asas presumption of innocent), kecuali hal tersebut telah diatur secara khusus dalam peraturan perundang-undangan dan telah diputus oleh suatu putusan hakim yang berkekuatan hukum tetap.

Dalam hal ini UU Perseroan Terbatas telah mengatur bahwa seseorang yang telah dihukum karena merugikan keuangan negara (misalnya dalam perkara korupsi) tidak diperbolehkan menjabat sebagai Direktur atau Komisaris suatu perseroan vide Pasal 93 ayat (1) huruf d UU PT.

Sehingga apabila nanti dalam proses pemeriksaan perkara korupsi, Komisaris tersebut diputus bersalah melakukan TP Korupsi, maka Komisaris dimaksud tidak boleh menjabat sebagai Komisaris. Sehubungan dengan hal tersebut :
 BANK dapat memberikan masukan agar BPR ybs untuk terlebih dahulu melakukan penggantian terhadap Komisaris yang bermasalah tersebut, atau ;
 BANK tetap menyalurkan kredit kepada BPR dengan suatu janji bahwa apabila Komisaris tersebut kemudian dijatuhi hukuman pidana korupsi yang berkekuatan hukum tetap, maka BPR tersebut wajib segera melakukan RUPSLB (RUPS lainnya dalam UU PT) untuk melakukan penggantian terhadap Komisaris tersebut.

Penulis : Achmad Susetyo

Tinggalkan komentar

Filed under Question & Answer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s