Kasus Pemalsuan Kartu Kredit

stop-crimeKamis, 02 Juli 2009 18:44

Kapolres Sidoarjo, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Setija Junianta, mengatakan, dua orang pelaku yang diduga sebagai pembuat kartu kredit tersebut, sudah melakukan aksinya di berbagai daerah di Indonesia dan berhasil membobol bank senilai miliaran rupiah. “Dua orang tersangka yang berhasil dibekuk yakni Johan dan Robi Tandanu. Mereka ditangkap saat mencoba membobol toko emas Julia Jewelerydengan menggunakan kartu kredit palsu,” katanya mengungkapkan.

Modus yang digunakan kedua tersangka rada berbeda dengan yang digunakan tersangka dalam kasus serupa yang diungkap Satreskrim Polres Sidoarjo sebelumnya. Dari barang bukti yang diamankan Polres Sidoarjo, terdapat kurang lebih 50 kartu kredit asli, namun aplikasinya palsu.

“Kami juga menemukan delapan kartu kredit asli yang menggunakan aplikasi milik orang lain. Selain itu, kami juga berhasil mengamankan uang ratusan ribu rupiah dan delapan unit telepon genggam,” katanya.

Ia menduga, kedua tersangka yang sudah diamankan itu, sebelumnya pernah beraksi di Jakarta, Solo, Madiun, dan Surabaya. Indikasinya, mereka sudah beberapa kali beraksi di tempat hiburan malam dengan mengambil uang tunai.

“Yang terakhir ketika tersangka mencoba menggesek kartu kreditnya di toko emas Julia Jewelery untuk pembelian cincin emas bermata,” katanya menjelaskan.

Kapolres menambahkan, tersangka berhasil dibekuk dari laporan petugas toko yang mengatakan ada pembeli yang kartu kreditnya tak terdeteksi.

“Dia berbelanja senilai Rp9,5 juta. Kartunya ANZ namun keluarnya BCA, petugas curiga langsung dilakukan pemeriksaan. Keduanya tak berani mengelak ketika kedoknya terbongkar,” katanya menegaskan.

Kedua tersangka kini harus mendekam dalam tahanan Polres Sidoarjo dan menghadapi jeratan pasal 263 dan 378 KUHP tentang pemalsuan penipuan dan penggelapan yang ancaman hukuman mencapai 5 tahun penjara.

sumber  :  kapanlagi.com

1 Komentar

Filed under Bankers againt criminals

One response to “Kasus Pemalsuan Kartu Kredit

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s